Drama Natal " ANAK YANG HILANG"

Anak Yang Hilang
(Lukas 15:11-32)
Prolog (Narator membacakannya) :
Ada seorang Bapa yang mempunyai dua anak Putri yaitu Sulung bernama Ribka dan Bungsu bernama Abigail. Si Bungsu meminta semua harta Bapanya yang menjadi haknya. Kemudian Si Bungsu pergi jauh dan menghabiskan hartanya. Setelah menderita, ia baru sadar akan kesalahannya. Bagaimana kisah selanjutnya. Mari kita saksikan drama visualisasi kitab suci menurut injil lukas 15:11-32 dengan judul “ANAK YANG HILANG´.

ADEGAN I

Angel : Permisi Pak… saya mau mengingatkan jangan lupa menghubungi Mr.Lee untuk membahas masalah investor yang waktu itu.

Papa : Oh iya… ok kalau begitu akan saya hubungi Mr. Lee ( sambil memegang HP untuk menghubungi Mr. Lee ).“ Hallo Mr.Lee, How are you??...

Lee (Narator) : Oh…I’m Fine.

Papa : Bagaimana dengan tender kita waktu itu, apa kita jadi ketemu dengan salah salah satu Inverstor dari Amerika?

Lee (Narator) : Oh tender kita waktu itu berjalan dengan lancar. Rencananya Rabu depan, after lunch kita akan ketemu dengan investor Pak.

Papa : Oke, baiklah saya akan jadwalkan Rabu depan untuk kita ketemu. Thanks atas infonya Mr.

Lee (Narator) : Ok Pak, Bye….

Papa : Sekretaris…sekretaris…..!!

Sekretaris : (berlari menuju bapak membawa buku agenda rapat) Iya Pak, ada yang bisa saya bantu.

Papa : Tolong kamu jadwalkan hari Rabu depan after lunch untuk saya meeting dengan Mr.Lee,dan salah satu investor dari Amerika. Jadi jangan ada jadwal lain, selain meeting tender hari rabu, ok.

Sekretaris : Baik Pak, akan saya tulis dibuku jadwal agenda meeting Bapak.

Papa : Okey, terima kasih. Silahkan kamu kembali bekerja.

Narator: Disaat sang Papa sedang sibuk datanglah si Anak Sulung yang bernama Ribka.

Ribka : Papa.. Papa … lagi ngapain? Hmmm… pasti seperti biasa selalu sibuk dengan kerjaannya. Pa..jangan terlalu sibuk ya, Papa hrs selalu jaga kesehatan. Oh iya… Papa mau Ribka buatkan jus kesukaan Papa. Sekalian Ribka bilang ke semua pelayan untuk siapkan keperluan Papa pergi.

Ayah : (sambil melihat Ribka)… baiklah Ribka..Terima kasih anakku.

Ribka : Baik Papa, akan Ribka lakukan.

( Ribka memanggil pelayan-pelayannya dengan menggunakan Lonceng)

Ribka : ( Memanggil Pelayan I dgn membunyikan lonceng 1x ).

Kezia (P 1) : Iya non, ada yang bisa saya kerjakan..

Ribka : Pelayan tolong siapkan buah-buahan yang kemaren saya beli. Saya mau buatkan jus kesukaan Papa.

Kezia (P 1) : Baik Non, akan saya siapkan.

Ribka : Terima kasih.

( Ribka memanggil pelayan II dgn membunyikan lonceng 2 x )

Cathrine (P 2) : Iya non..

Ribka : Tolong kamu bilang ke sopir siapkan mobil, untuk Papa mau pergi.

Cathrine (P 2) : Baik non..

Ribka : Terima kasih

( Ribka memanggil pelayan III dgn membunyikan lonceng 3 x )

Paulina (P 3) : Iya non…

Ribka : Tolong kamu siapkan pakaian kerja Papa yah..karena Papa mau keluar.

Paulina (P 3) : Baik Non akan saya siapkan.

Ribka : Terima kasih…

( Ribka keluar ruangan untuk menyiapkan Jus kesukaan Papa )

ADEGAN II
Narator: Setelah Ribka keluar dari ruangan sang Papa, datanglah si Bungsu yang bernama Abigail.

Abigail : ( Berjalan pecicilan dan centil ) Maju mundur…maju mundur… cantik…cantik…!!Ded… Ded… Dediiiiii.. Ya ampun sibuk banget sich ded… dipanggil-panggil ga denger gtu.

Papa : ( sambil melihat abigail ) iya abi anakku, ada apa? Papa lg banyak sekali kerjaan..

Abigail : Ded… tau khan, minggu depan itu aku Ultah.

Papa : Iya anakku..papa ingat koq… tanggal 12 Juni khan.

Abigail : Iya ded…. Betul bingitssss…. Nah rencananya aku mau ngerayain ultah aku secara mewah,gaul abis and cetarrrrr membahana.. Nah aku mau ngerayain di tempat tongkrongan aku ded… Clubbing gtu, tempat kumpul anak-anak borju,kaya and gaul abissssss….Secara Princess Abi gtu loh..!!

Papa : Anakku Abi, buat apa kamu menghambur-hamburkan uang untuk hal yang tidak ada manfaatnya. Lebih baik kamu buat acara ultah kamu itu di Panti asuhan seperti acara Ultah kakakmu itu. Selain kamu bisa berbagi kamu juga akan mendapatkan manfaatnya.

Abigail : Whattttt… no dedi!! I don’t Like..masa princess Abigail yang cantik, kece,kaya, gaul abis ini harus ngerayain acara ditempat yang menjijikan itu.. apa kata temen-temen abi Dedi.. no..no..no…Pokoknya Abi ga mauuuuu…!!!

Papa : Abi..dengarkan Papa

Abigail : ( Abi langsung menselak omongan dedinya ) Stoopppp…dedi. Pokoknya abi ga mau tau.Kalau begitu Abi mau minta harta yang telah menjadi hakku.

Papa : (dgn ekspresi kaget, langsung berdiri dan menjatuhkan dokumen) Apaa… anakku. Apa yang kau katakan itu. Kamu mau minta hartamu sedangkan Papa masih hidup dan masih bisa membiayaimu. Untuk apa kamu meminta hartamu itu.

Abigail : Hadeuhhh…dedi bawel banget sich.. Aku mau hartaku karena aku mau membangun usaha bersama teman-temanku dan aku mau bebas melakukan apapun yang aku mau. Pokoknya aku mau minta apa yang sudah menjadi hakku.

Papa : (duduk kembali sambil menghela nafas dan sedih) Abi…abi.

( Masuklah Ribka untuk mengantarkan Jus )

Ribka : Papa ini jusnya. Ada apa ini Papa, kenapa Papa dan Abi ribut begini?

Abigail : Stop Kakak, buat apa kakak ikut campur urusan aku sama dedi. Lebih baik kakak diam saja dan tidak usah ikut campur urusan aku. Hussss…husss…huss…. Pergi sana (dgn gaya centil).

Ribka : Apa-apaan kamu..aku ini kakakmu jadi sudah sepatutnya aku ikut campur.

Papa : Sudah…sudah… anakku. Kalian ini bersaudara, buat apa kalian bertengkar.Begini anakku Ribka, adikmu ini si Abi meminta kepada Papa apa yang menjadi haknya. Abi meminta harta yang sudah menjadi miliknya.

Ribka : Apaaa Papa … Abi ingin meminta hartanya!!!..(Sambil menunjuk Abi ) “Apa-apaan kamu Abi., seenaknya kamu meminta hartamu kepada Papa, sedangkan Papa masih hidup dan sanggup memberikan apa yang kamu mau. Buat apa kamu meminta hartamu.”

Abigail : Hadeuhh…kakak lebih baik diam saja.. Aku minta bagianku untuk aku gunakan buka usaha bersama teman-temanku, aku ingin hidup bebas dan senang-senang.

Ribka : Abi… kamu sadar perkataanmu itu sudah menyakitkan hati Papa. Kamu tau sakitnya tuh
dimana.

( Ribka, Abi dan Papa sama-sama berdiri lalu memegang dada dan menyanyikan lagu “Sakitnya tuh disini di dalam hatiku, sakitnya tuh disini melihatmu begini,sakitnya tuh disini kau lukai aku, sakitnya tuh disini di dalam hatiku” setelah bernyanyi langsung kembali ke topic dan sam duduk kembali. ).

Ribka : Abi..kamu sudah melakukan dosa besar karena kamu membuat hati seorang Papa yang sangat sayang sama kamu terluka.

Abigail : Aku ga perduli, aku tidak takut dosa.. Aku tetap minta apa yang sudah menjadi hak aku.

Papa : (berdiri ditengah kedua putrinya sambil memegang Pundak kedua putrinya)sudah...sudah... anakku.Papa tidak mau ada perpecahan dikeluarga ini. Papa sangat sayang sekali dengan kalian (Papa melepaskan tangan dari pundak kedua putrinya) Baiklah Abi,Papa akan memberikan apa yang kamu mau. Tapi Papa mohon supaya kamu menggunakan hartamu itu sebaik-baiknya.( sang Papa Memanggil Sekretarisnya) “ Sekretaris..sekretariss..

Sekretaris : Iya Pak, ada yang bisa saya bantu

Papa : Tolong kamu ambilkan uang yang ada di dalam brangkas saya, sekarang..

Angel : Baik Pak ( Keluar panggung dulu mengambil uang setelah itu masuk kembali dan berkata) “ Pak ini uang yang ada di lemari Brangkas Pak”.

Papa : Baik.. terima kasih. Kamu boleh keluar sekarang dari ruanganku.

( Angel Keluar Panggung)

Papa : (sambil memberikan sejumlah uang kepada Abigail). Ini hartamu yang kamu minta anakku.

Ribka : Baik Papa … apapun yang Papa lakukan Ribka akan mendukung Papa. (sambil menunjuk Abigail) Puas kamu Abi… kamu sudah berhasil mendapatkan apa yang kamu minta secara paksa. Lebih baik kamu keluar dari rumah ini karena kamu hanya selalu Membuat hati Papa terluka. Keluarrrr… kamu sekarangggg dan jangan kamu balik lagi kerumah ini.

Abigail : Woooww… jangan takut kakak. Abi akan keluar dari rumah ini sekarang juga. Aku juga sudah muak tinggal lama-lama disini. Aku ingin bebas…

( Abi, Ribka dan Samuel keluar Panggung )

ADEGAN III

Narator : Setelah Abigail mendapatkan apa yang diinginkannya. Ia pergi kekota lain, dengan membawa harta miliknya. Ia menghabiskan semua yang diberikan papanya dengan hidup berfoya-foya bersama dengan teman-temannya. Dan mereka pun bersenang –senang di Club.
Scene: di Clubbing -> semua teman-temannya sedang dugem dan mabuk-mabukan (musik dugem dinyalakan).

Merry : Waiter…waiterrr..(sambil dugem dan mabuk)

Waiter : Iya bos….

Merry : Gw mau open table, siapkan wine sebanyak-banyaknya, sekarang.. Cepet…

Waiter : Baik bos…

Narator: Disaat teman-temanya sedang bersenang-senang datanglah Abigail dan Dia pun ikut bersenang-senang dan mabuk-mabukan.

Abigail : (sambil tos bersama teman-teman) woyy..guyz dah pada ngumpul aja lw semua.Guyzz… hari ini kita puas-puasin senang-senang… okey

Semua teman : Yoii…… pastinyaaaa.

Abigail : tenang guyz, hari ini gw yang traktir semuanyaaaa… apapun yang kalian mau gw bayarin.

Semua teman : (berteriak sambil tetap dugem ) wowwwww….asikkkkk…!!

Stanley : (sambil dugem) waahhh... ada angin apa lw,mau traktir.

Andre kecil : (sambil dugem) abis malakkk dia,hahahaha....

Cerry : (sambil dugem) jangan-jangan abis dapet warisan nih kyknya.

Sheren : (sambil dugem) bener nih princess.... mantap!!

Abigail : (sambil dugem) hahahahahaha…. Tau aja lw, dahhh pokoknya hari ini kita bersenang-senang sampe puas…

Andre besar : (sambil dugem) pokoknya kita happyyyyy sampe pagi.

Abigail : Yoiii Pastinya ( Abi memanggil waiter ) “ Waiter…waiterr…

Waiter : iya bos…

Abigail : Gw mau open tab,keluarin semua wine-wine yang paling mahal,biar nanti semua gw yg bayar.

Waiter : siap Bos

Samuel (kecil) : ( sambil dugem dan teriak) Cepetan... ga pake lama.

Abigail : (sambil dugem dan mabuk, bunyi suara HP Abigail ) hadeuh apa-apaan sich Dedi pake telpon-telpon segala, ganggu gw aja lebih baik gw reject aja dech.

Semua Temen & Abigail : sama-sama menyanyikan lagu di Reject ( sambil meninggalkan panggung)


ADEGAN IV

Narator : Mereka pun bersenang-senang sampai pagi. Abigail pun menghambur-hamburkan uang yang diberikan papanya untuk berfoya-foya,bershopping ria bersama teman-temannya. Tapi setelah 6 bulan berlangsung habislah uang yang diberikan oleh papanya. Dan Abigail pun mulai hidup serba kekurangan, dan kelaparan. Saat Abi sedang berjalan dengan resah, bingung, frustasi. Abi tidak sengaja bertemu dengan teman-temannya.

Merry : Hey Princess Abi. Kemana aja lw tiba-tiba menghilang ga ada kabarnya. Dah gtu ga pernah liat lw datang lg ke tempat nongkrongan.

Abigail : ( msh dengan gaya sombongnya) Iya guys, sori banget dech. Sekarang-sekarang ini gw lg banyak banget urusan. Yahhh…secara princess abigail gtu loh, yang selalu sibuk.

Sheren : Whatttt… seorang princess Abigail bisa punya urusan dan sibuk. Apa kata dunia??

Semua teman : (tertawa bersama dan mengatakan boong gila)

Abigail : yoiii…guyz sekarang bener – bener sibuk gw.

Cerry : oh iya abi, ayukkk ikut sama kita sekarang..kita sekarang mau bershopping ria. Ya secara dah jadwalnya buat kita bershopping ria. lagi ada barang-barang branded yang bagus-bagus nih…. Ayo..ayo..ikut.

Abigail : (dengan suara rendah dan gugup).. Haduhhh… sori-sori guyz, gw bener-bener ga bisa.Masih ada urusan gw, lain kali aja yach guyz…

Stanley : kenapa sich loe abi, sekarang-sekarang ini loe jadi aneh dan berubah gtu.

Samuel (kecil) : Tau loe abi, berubah banget. Yaelahhh… dah ga asik lagi lw..katro… payah bgt dah

Semua teman : (mengeledek Abigail) UUUhhhhhh…. Katroooo, payaahhhh, cemenn…

Cerry : Ohhh…. Gw tauuu nih!! Jangan-jangan lw bangkrut dan jadi gembel sekarang (semua teman-teman tertawa). Wahhhh ketauannnn lw sekarang… dasar Gembel… Yaudah guyz sekarang lebih baik kita ga usah berteman lagi sama si gembel yang satu ini. Ayaooo kita
cabut sekarang.

(Semua Teman meninggalkan panggung, dan abi masih di dalam panggung sambil berjalan mondar-mandir)

ADEGAN V

Narator: Abigail pun ditinggal dan dijauhkan oleh teman-temannya, setelah mereka tau bahwa Abigail sudah tidak mempunyai Uang. Sepanjang jalan Abigail merasa sedih, bingung dan frustasi.

Abigail : Duhhh… bagaimana nih, uangku sudah habis, dikantong celana hanya tersisa 5 ribu. Untuk makan ga cukup apalagi untuk bayar Apartement yang sudah nunggak 3 bulan. Mau ngambil sisa pakaian dan barang yang lain pun di apartement takut. Pasti nanti aku diusir. Bagaimana ini nasibku?

Noted : (Abigail bergegas ganti baju gembel dan musik syahdu masih dimainkan ) saat moderator sedang berbicara abigail langsung masuk ke panggung dengan jalan mondar-mandir )

Narator : Hanya dengan sisa baju yang dipakai serta uang yang tersisa hanya 5 ribu saja Abigail terus menelusir jalan dengan perut kelaparan.Abigail mulai memutuskan untuk mencari dan dia pun melihat ada pengumuman mengenai lowongan di salah satu butik. Dan dia mencoba untuk melamarnya.
Scene: Toko Butik

Abigail : Permisi Bu… permisi..

Ibu Butik : (dgn tampang sinis dan jijik)..Ada apa ini?

Abigail : Bu… saya mau melamar disini,

Ibu Butik : Apaaa…. Kamu mau melamar disini, ga salah kamu. Coba kamu ngaca dulu sana. Masa gembel mau coba-coba ngelamar dibutik elite saya ini apa kata pelanggan saya.

Abigail : Tolong saya bu… saya butuh pekerjaan ini, ga digaji jiuga ga apa-apa koq bu asalkan saya dapat mkn saja sudah cukup.

Ibu Butik : Apa-apaan kamu, memangnya kamu pikir ini tempat kumpulan para gembel. Itu masalah kamu klo kamu kelaparan. Lebih baik kamu keluar dari tempat ini. Dah bau, Jijik saya liat kamu.

Abigail : (dgn terus memaksa sambil mencoba memegang tangan si Ibu Butik)“ Saya mohon bu,tolong bantu saya..

Ibu Butik : huss.husss… jgn coba-coba kamu pegang tangan saya. Jijik saya (teriak panggil satpam). Satpam…satpam… tolong saya cepat.

Satpam : Iya bu..

Ibu Butik : Cepat kamu tarik gembel ini keluar dari butik saya. Sekarangggg....

Satpam : Baik Bu...

(Sambil satpam menarik keluar Abigail, Abi terus berteriak Bu…Bu… tolong saya).

Narator: Setelah diusir Abigail pun meninggalkan butik itu dengan sedih dan bingung. Dia pun masih merasa kelaparan.

Abigail : Duh… aku mau cari kerjaan dimana lagi. Perutku sudah lapar sekali. Ingin rasanya kembali Pulang ke rumah dan bertemu dedi. Tapi aku malu dengan perbuatan aku dulu. Aku sangat yakin kalau kakaku pasti akan marah dan mengolok-olok aku. Ya Tuhan… aku harus cari
pekerjaan dimana lagi..

( Abigail masih trus jalan mondar-mandir sambil melirik kanan-kiri).

ADEGAN VI
Narator: Abigail terus menelusuri jalan demi jalan untuk terus berusaha mencari lowongan pekerjaan. Sampai pada akhirnya dia melihat papan di sebuah peternakan babi yang bertuliskan “ Dibutuhkan tenaga untuk mengurusi babi”,

Abigail : Wahhh…. Akhirnya ada juga yang sedang membutuhkan tenaga saya. Tapi…apa saya bisa (diam sejenak berpikir). Hmm… tapi saya harus bisa agar saya tidak kelaparan, apapun itu pekerjaannya..(Abigail berjalan ke peternakan tersebut). “ Permisi….permisi…

Mayde : iya…iya.. ada apa loe orang manggil oey…

Abigail : Ci… saya liat di papan depan kalau di perternakan babi ini sedang membutuhkan tenaga, saya mau melamar disini ci..

Mayde : Serius loe orang mau kerja disini…
Abigail : Serius ci..saya mau..

Mayde : Baiklah..loe orang tunggu dulu disini ya… oey tanyakan dulu sama laki oey..

Abigail : Baik ci…

Mayde : (berteriak memanggil suaminya si Aliong yg sedang duduk santai dan menghampiri suaminya) “ Aliong… alionggg… nih ada yang mau kerja disini”

Abel : apa-apaan sich loe teriak-teriak begitu, oey khan ga budek..

Mayde : tuh ada yang mau kerja ngurus babi-babi kita… orangnya didepan tuh. Ya uda ayo lw mah oey kedepan. ( mayde dan abel menuju jalan menyampiri abigail ). Nah nih dia aliong orangnya yang mau kerja..

Abel : Oh loe yang mau kerja ngurusin babi-babi oey… bisa kagak loe.

Abigail : Iya ko… saya mau kerja disini..pekerjaan apapun akan saya lakukan

Mayde : (sambil menunjuk Abigail ) Bener ga loe bisa kerja.

Abigail : Bisa ci...

Abel : Okey..okey… loe mau oey gaji berapa??

Abigail : Berapa aja ko..asalkan saya dapat makan saja juga ga apa-apa koq.

Abel : Okelah… kalau begitu loe oey terima kerja disini..tapi ada syartanya.

Abigail : Apa Ko..syaratnya.??

Abel : Lw harus ngurus babi-babi oey baik-baik, kasih makan babi oey sehari 3 kali. Trus loe ga boleh makan makanan babi oey ya. Kalau sampai loe lakuin itu oey akan langsung pecat loe.

Mayde : (sambil menunjuk Abigail) Inget tuhh loe orang, jangan sampe loe langgar.

Abigail : Baik ko, ci … saya janji akan bekerja dengan baik.

Abel : Oke…Oey terima lw. Sekarang lw langsung ngurusin babi-babi gw di kandang. Dah sana pergi loe.

Mayde dan Abel keluar meninggalkan Panggung dan abi tetap dipanggung sambil mengurusi babi di kandang)

Narator : Akhirnya Abigail mendapatkan pekerjaan tersebut. Dan selama 3 hari bekerja, pemilik peternakan babi itu hanya memberi makanan kepada Abigal satu hari sekali. Dan Abigailpun tetap merasakan kelaparan.
Scene : di Kandang Babi

Abigail : Duhhh… nih babi-babi enak banget sich bisa makan sehari 3 kali, sedangkan gw makan cuma dikasih satu hari sekali, hadeuhhh.. masih lapar bingits nih gw.. (sambil melihat makanan babi) wooww… kayaknya enak tuh makanan babinya, boleh kali ya sedikit aja gw
makan, secara gw laper bingits ( melirik kanan-kiri, takut ada yang melihatnya sambil mengambil makanan babi itu untuk dimakan).

Narator: Abigail pun memakan makanan babi itu, sambil menangis karena dia mulai mengingat tentang kehidupannya yang dulu. Kehidupan tinggal bersama keluarga yang hidup bercukupan.

Abigail : (sambil memakan makanan babi dan menangis)“ YaTuhan aku sungguh menyesal atas perbuatanku. Disaat aku mempunyai harta yang berlimpah aku menyia-nyiakan. Aku pun sudah menyakiti hati seorang Papa yang sangat menyayangi aku. Dulu aku selalu memakan makanan yang enak, semua yang aku butuhkan selalu ada. Tapi… sekarang ini aku tidak ada bedanya dengan babi-babi ini. Ya Tuhan betapa hinanya aku saat ini, aku sungguh menyesal. Aku rindu pada Dediku dan kakakku. Seandainya waktu bisa kuulang..

Narator: Disaat Abigail sedang menangis sambil memakan makanan babi datanglah majikan dan melihat hal itu. Akhirnya majikan tersebut marah dan langsung mengusirnya.

Mayde : (sambil menunjuk Abigail) ehhh…. loe beraninya makan makanan babi oey, kurang ajar banget loe.

Abigail : (langsung berdiri dan membuang makan babi itu dan berkata) “ Maaf ci, saya sangat lapar sekali jadi saya makan makanan babi itu sedikit.

Mayde : khan dah dibilang sama laki oey jangan pernah loe makan makanan babi oey..tapi tetep lw makan, dasar loe ga tau diri. Gw laporin loe ke laki oey ( Mayde berteriak memanggil Aliong ). Aliong…aliongg… sini loe…
Abel : (Abel menghampiri mayde) Hadeuhhh…. Kenapa lagi si loe teriak., pusing oey dengerinnya.

Mayde : (sambil menunjuk Abigail) Nih orang dah makan makanan babi kita..

Abel : (sambil menunjuk Abigail) “Apaa... Dasar loe orang ga tau diri, dah gw bilang masih lw langgar. Keluar lw dari tempat oey. Mulai sekarang lw oey pecat.

Abigail : ( Masih memaksa dengan tampang sedih) maaf…maaf ko, jangan pecat saya. Saya janji ga Akan saya ulangi lagi.

Abel : Dahhhh…. Keluar loe sekarang. Oey dah kagak percaya lagi sama loe. Keluarrrr loe Sekarang (dgn nada tinggi dan marah).

Mayde : (sambil mendorong Abi dan berkata) Keluarrrr sekarangggg..

Narator: Abigail pun keluar dari peternakan babi itu dan sekarang ia menyadari keadaannya.

ADEGAN VII

Abigail : (sambil duduk di pinggir jalan dan menangis. Dia berkata) betapa banyaknya orang upahan bapaku yang berlimpah-limpah makanannya, tetapi aku disini mati kelaparan. Aku akan bangkit dan pergi kepada bapaku dan berkata padanya: “ Bapa , aku telah berdosa terhadap sorga dan terhadap bapa. Jadikanlah aku sebagai seorang upahan bapa.

Narator: Disaat dia menangis dan menyadari perbuatannya, ada Hamba Tuhan sedang berjalan dan melihat Abigail menangis, maka Hamba Tuhan menghampirinya.

Hamba Tuhan : Anakku apa yang kamu lakukan disini, mengapa pula kamu menangis ditempat seperti ini.

Abigail : (melihat dgn wajah kaget & heran). Maaf siapa kalian, apakah kalian mengenal saya?

Hamba Tuhan : Tidak anakku, aku sama sekali tidak mengenal dirimu. Tapi kami melihat kamu sedang duduk seorang diri dan menangis. Maka itu kami menghampirimu. Mungkin ada yang bisa kami bantu. Sebelumnya perkenalkan saya adalah Pdt. Mica dan ini Ibu Henny, dan Ibu Dede ( Para Ibu bersalaman dengan Abigail dan menyebutkan nama masing- masing).

Abigail : Ohhh… jadi kalian Hamba Tuhan. Maafkan saya karena saya sempat berburuk sangka dengan kalian.
Hamba Tuhan : Tidak apa-apa anakku..Apa yang membuatmu bersedih, sehingga dirimu menangis.

Abigail : Aku menangis karena meratapi kehidupanku sendiri. Aku manusia hina, aku sudah melakukan kesalahan yang begitu besar. Aku sudah menyakiti hati papaku sendiri dan Bapa ku yang disorga. (sambil memukul diri sendiri dan menangis) Aku benar-benar manusia kotor yang
tidak tau diri.

Hamba Tuhan : Bangkit dan berdirilah Anakku, Apa yang kamu katakan??. Tidak ada sama sekali yang menganggapmu kotor atau hina. Ingatlah anakku sebesar apapun dosa yang telah kamu perbuat, pasti ada pintu maaf yang kamu dapatkan asalkan kamu mau meminta pengampunan
dan bertobat. Saat ini mungkin dosamu merah bak kain kesumba tapi engkau tetap akan menjadi Putih seperti bulu domba karena kasih seorang Bapa.

Abigail : Tapi apakah papaku dan Bapa di sorga mau memaafkan aku.

Hamba Tuhan : Iya Anakku.. Percayalah, Kasih seorang Bapa kepada anaknya begitu luas. Jangan pernah kamu takut untuk bertobat dan meminta pengampunan.

Abigail : Apakah itu betul Pak Pendeta.

Hamba Tuhan : Ya itu sangat betul anakku. Percayalah,

Abigail : (sambil menghapus airmata dan sedikit tersenyum) Yah… aku harus bertobat dan minta pengampunan. Mengapa kalian begitu baik kepadaku padahal kita baru bertemu.

Henny : Karena kami menganggap Kamu adalah keluarga yang terkasih dalam Tuhan. Jadi siapapun kamu kita adalah keluarga dan sudah sepatutnya kita saling mengasihi

Abigail : Puji Tuhan, bersyukur sekali saya bisa bertemu dengan kalian. Bolehkah saya meminta sesuatu Pak Pendeta.

Hamba Tuhan : Apa yang kamu minta anakku??..

Abigail : Sudah beberapa hari ini aku tidak makan, apakah ada roti yang bisa saya makan Pak Pendeta, karena saya sangat lapar sekali.

Hamba Tuhan : Tenang saja anakku kami ada satu roti untuk dirimu makan.

Dede : (langsung mengambil roti didalam tasnya dan memberikannya kepada Abigail) “ Ini ada satu roti untukmu, silahkan kamu makan saudaraku, agar kamu tidak kelaparan.

Hamba Tuhan : Ya… makanlah.

Abigail : Terima kasih semuanya. Aku yakin dan percaya bahwa Tuhan telah mengirimkan hambaNya untuk membantu aku yaitu kalian. Puji Tuhan (sambil memandang ke atas)

Hamba Tuhan : Anakku, kembalilah ke Papamu dan mintalah pengampunan kepadanya.

Abigail : iya Pak Pendeta, aku ingin kembali kerumah dan meminta pengampunannya.

Hamba Tuhan : Baiklah, kami akan mengantarkanmu kembali kerumah Papamu

Abigail : Benarkah Pak Pendeta… kalian mau mengantarkan aku kembali pulang

Hamba Tuhan : Ya anakku, marilah….

(Abigail, Pak Pendeta dan tim seakan berjalan mondar-mandir dan menuju pulang ke rumah)

ADEGAN VIII

Narator: Abigail memutuskan untuk kembali kerumahnya untuk menemui papanya dan meminta pengampunan..Ketika ia masih jauh, sang papa telah melihatnya lalu tergeraklah hatinya oleh belas kasihan. Ia pun lalu lari mendapati anaknya .

(sam melihat kedepan dan menatap kedepan terus)

Papa : Itu seperti anakku Abigail.. ya betul itu anakku.(Lari menuju anaknya) Anakku, akhirnya kau kembali juga. Aku telah mencarimu kemana-mana.

Abigail : (sambil berlutut memegang kaki sam) Dedi, aku telah berdosa kepadamu. Aku tidak layak disebut sebagai anakmu. Karena itu jadikanlah aku pelayanmu saja Dedi

Papa : (memegang kedua tangan abi untuk bangkit berdiri) Bangunlah anakku. Apa yang kamu katakan . Hari ini aku sangat senang, karena kamu anakku yang telah lama hilang telah kembali pulang.

Abigail : Maafkan aku Dedi

Papa : Aku sudah memaafkanmu. Kau datang kembali kerumah bersama siapa?.

Abigail : Dedi, aku bersama Hamba Tuhan yang sudah membantu aku disaat aku terjatuh dan terpuruk. Dan merekalah yang mengantarkan aku kembali kerumah ini dedi.

Papa : Puji Tuhan..Tuhan telah mengirmkan HambaNya di waktu yang tepat untukmu anakku..(menghampiri Pendeta )Terima kasih atas pertolongan kalian semua Pak Pendeta.

Hamba Tuhan : Ini semua bagian rencana Tuhan yang indah dan sudah seharusnya itu kami lakukan Pak.

Papa : Iya itu betul pak Pendeta. Baiklah, Anakku ajaklah mereka masuk ke dalam rumah kita,. Aku akan merayakan ucapan syukur Sebab anakku ini telah mati dan menjadi hidup kembali.

(Papa, Abigail dan Hamba Tuhan sama-sama masuk kedalam rumah ). Sambil sang Papa memerintah pelayan, Abi dan hamba tuan lainnya masih berbincang)

Papa : ( Memanggil Pelayan ) Pelayan...Pelayan...

Cathrine (P2) : Iya Tuan

Papa : cepat, ambilkan jubah dan sepatu terbaik untuk anakku ini. Lalu potong anak lembu terbaik dan undang semua orang. Hari ini aku sangat berbahagia Karena anakku yang hilang telah kembali.

Cathrine (P2) : Baik Tuan…

(Cathrine keluar Panggung, Sam menghampiri Abigail dan ikut berbincang dengan hamba Tuhan Lainnya)

Narator : Setelah itu Ribka pun datang dan dia menjadi heran melihat keramaian yang terjadi di rumah,

Ribka : ( menghampiri pelayan ) ada apa ini? Mengapa semuanya sibuk seperti ada pesta?

Cathrine (P2) : memang ada pesta untuk menyambut kedatangan adikmu yang telah lama hilang non

Ribka : Apaaa…..????

Cathrine (P2) : ya benar,, masuklah papamu sudah menunggumu di dalam

Ribka : Tidak!! Aku tidak ingin masuk ke dalam. Cepat panggilkan Papaku

Cathrine (P2) : baiklah non, aku akan memanggil Papamu.

Narator: lalu sang pelayan masuk dan memberitahukan keadaan Ribka kepada Papanya.

Cathrine (P2) : Permisi tuan,,, non Ribka sudah datang dan sekarang berada di luar

Papa : lalu mengapa kamu tidak menyuruhnya untuk masuk?

Cathrine (P2) : hamba sudah menyuruhnya tapi ia tidak mau masuk

Papa : baiklah aku akan keluar dan berbicara kepadanya

Narator: sang Papa lalu keluar untuk menemui Ribka

Papa : Mengapa kamu tidak masuk kedalam anakku?

Ribka : Papa.. telah bertahun- tahun aku melayani papa dan belum pernah aku melanggar perintah Papa, tapi sampai saat ini belum pernah Papa memberiku seekor anak kambing untuk bersukacita bersama sahabat-sahabatku, tetapi baru saja datang anak Papa yang telah
memboroskan semua harta yang telah papa berikan tetapi Papa langsung menyembelih seekor lembuh tambun untuknya.

Papa : Bukannya Papa tidak menyayangimu. Tapi seharusnya kamu senang karena adikmu telah kembali. Bukankah apa yang menjadi milikku adalah milikmu juga ? Marilah masuk dan ikutlah berbahagia bersama kami.. Sudah waktunya kita berkumpul bersama.

Ribka : Baiklah Pa..

( Papa dan Ribka masuk kedalam rumah )

Narator: Ribka pun akhirnya menuruti permintaan sang Papa untuk masuk ke dalam rumah. Abigailpun menghampiri Ribka.

Abigail : (menangis sambil memegang tangan ribka dan berkata ) “ Kakak maafkan aku adikmu yang hina ini. Aku butuh pengampunanmu kakak. Aku berjanji aku akan berubah dan bertobat.

RIbka : Janganlah kau berjanji padaku, tapi berjanjilah kepada papa terutama kepada Bapamu di Sorga. Tenanglah adikku, aku sudah memaafkanmu, karena rasa sayangku lebih besar daripada rasa sakit hatiku”.

Papa : (memegang pundak abi dan ribka) Puji Tuhan.. Senangnya rasa hati papa melihat kita kembali dapat berkumpul bersatu.

(Sambil Narator Membaca kutipan terakhir Semuanya berkumpul untuk bernyanyi)

Narator: Akhirnya Abigailpun berkumpul kembali bersama papa dan kakaknya. Mereka pun bersukacita bersama-sama dan hidup dalam satu keluarga yang utuh, penuh kasih dan takut akan Tuhan.


Category: 0 komentar

BERSIKAP LEBIH BAIK

Hari ini saya belajar banyak akan sifat seseorang yang buruk. Sifat yang suka menghina,menjatuhkan, menjelekkan orang lain bahkan agama. Betapa beraninya orang-orang di dunia pada zaman sekarang yang terang-terangan menghina atau mencemooh. Mungkin bagi mereka itu adalah hal becandaan atau bahkan merupakan hal yang mereka yakini bahwa itu benar. Memangnya ada apa dengan agama?? agama tidak salah! Agama manapun selalu mengajarkan untuk saling menghormati, menghargai, menyayangi dan memperhatikan satu dan yang lain. Jika dirimu hina itu bukan salah agama, itu melainkan kesalahan dirimu sendiri. Menghina agama lain sebenarnya tanpa mereka sadari bahwa merekapun sudah menghina agamanya sendiri melalui sikap kita yang buruk. Hidup itu sebenarnya singkat, gunakanlah hari-harimu sebaik-baiknya. Waktu kita semua tidak cukup panjang untuk melakukan hal-hal baik,. Kita tidak bisa menunggu waktu atau bahkan mengejar waktu. Waktu terus berputar seiringnya hari-hari yang kamu lakukan. Hidup bahagia itu simple. Contohnya seorang anak kecil menangis karena ingin dibelikan sebuah mainan oleh ayahnya tetapi si ayah membuat persyaratan kepada anaknya. Jika kamu ingin mainan tersebut kamu harus berusaha untuk mendapatkan nilai yang terbaik. Maka sang anak berjanji untuk terus berusaha, tetapi anak itu bertanya lagi kepada ayahnya,jika saya tidak mendapatkan nilai yang bagus bagaimna ayah? dan ayahnya menjawab jika belum mendapatkan nilai yang bagus kamu harus terus berusaha mendapatkanya, tetap berdoa dan bekerja keras. Seperti itulah hidup, hidup itu simple untuk bahagia. Jika gagal, tetap terus berusaha, berdoa dan bekerja keras. Jika gagal terus mencoba sampai kamu mendapatkannya. Percayalah setiap usaha pasti akan ada hasilnya. Tetap bersyukur dengan apa yang ada dan tetap semangat dalam menjalaninya tanpa menghina, mencemooh, menjatuhkan orang lain dan agama manapun. Life is Beautiful

Category: 0 komentar

POTRET KEHIDUPAN

Manusia seringkali mempunyai pemikiran bahwa dirinya hidup dengan penderitaan. Pemikiran itu datang bukan hanya dari orang yang hidupnya serba kekurangan saja tapi ada juga seseorang yang hidupnya bercukupan mempunyai pemikiran itu. Manusia sangat sulit untuk hidup bersyukur dengan apa yang dimilikinya.
Seringkali airmata menetes meratapi kehidupan mereka sendiri. Padahal tanpa mereka sadari bahwa dengan airmata hanya bisa menunjukan betapa lemahnya dan rapuhnya diri kita menjalani kehidupan ini. Manusia memang begitu mudah rapuh apabila banyak masalah yang menimpa mereka, bahkan merekapun seringkali menyalahkan Tuhan akan permasalahan yang mereka alami. Tapi Justru sebaliknya, jika mereka merasa bahagia seakan -akan lupa dengan Tuhan. Potret Kehidupan seperti ini memang sudah terbiasa dilakukan oleh semua manusia. 

Maka seringkali mereka hanya ingin merasakan kehidupan yang selalu bahagia dan bercukapan Seandainya kita flash back, pada zaman dulu hidup manusia begitu mengkhawatirkan,menyedihkan bahkan menakutkan. Tapi manusia yang hidup di zaman dulu tetap mau berusaha, bekerja keras, berdoa dan selalu mengucapkan syukur dalam keadaan apapun sehingga mereka bisa mewujudkan negara yang begitu maju sekarang ini. Tapi dengan kemajuan yang terjadi sekarang ini justru membuat hidup masyarakat sekarang ini hanya ingin berfoya-foya menikmati kehidupan yang sekarang tanpa mereka berpikir bagaimana susahnya orang-orang dulu mewujudkan kehidupan yang sekarang.

Indonesia memang dibilang negara Hukum tapi justru orang-yang bertugas di lembaga Hukum sendiri melakukan tindakan kriminal yang jauh lebih jahat bahkan ganas. Orang-orang yang seperti ini justru dilindungi oleh Negara Hukum Indonesia. Bagaimana bisa seorang hidup sejahtera dengan kondisi sekarang ini. Manusia sekarang ini menghalalkan berbagai cara untuk mewujudkan kebahagian mereka sendiri.
 

Category: 0 komentar

KEHIDUPAN

Hidup adalah ketentuan
Hidup adalah tanggung jawab
Hidup adalah kerja keras
Hidup adalah Kebahagian
Hidup adalah perjuangan

Kehidupan setiap hari dipenuhi warna
Kehidupan tidak mungkin berhenti begitu saja
Kehidupan mempunyai suatu tujuan..
Dan tujuan itulah yang menentukan kapan kehidupan itu berhenti.

Category: 0 komentar

MERAIH MIMPI

Tuhan, saat ini aku datang pada-Mu
Aku ingin bertanya..
Apakah masih ada kesempatan bagiku meraih mimpi??
Aku Takut Tuhan...
Aku takut karena waktu begitu cepat berlalu...
Aku takut tidak bisa mengejar waktu..
Dan akupun tidak mungkin bisa menunggu waktu...

Aku takut Tuhan...
Aku takut kalah terhadap waktu..
Aku tidak mau dikalahkan oleh waktu..

Tuhan aku mohon pada-Mu
Berilah kau cukup waktu..
Waktu meraih mimpiku..
Di sisa hidupku saat ini...

Category: 0 komentar

WELCOME

Ku terbangun pagi hari..
saatku terbangun...
aku mengucapkan selamat datang pagi...
selamat datang masalah...

Aku sadar akan sesuatu.
bahwa hidup tidak selalu bahagia..
Hidup pun seringkali disinggahi suatu masalah..

Tapi.....
aku belajar banyak dari suatu masalah..
Masalah membuatku lebih kuat...
suatu kehidupan tidak akan berwarna...
Jika kehidupan tersebut baik-baik saja...

Category: 0 komentar

KEPUTUSASAAN

Keputusasaan merenggut hatiku..
Aku takut akan kebahagian hidupku..
Aku lelah dan letih mencari..
Aku berharap akan datangnya cinta..

Apakah memang cinta tidak ada untukku???
Kesendirian yang selalu kurasakan...
Aku butuh cinta dihidupku..
Apakah hanya kesendirian yang kurasakan??

Aku takut hidup sendiri..
Aku berharap cinta itu datang dihidupku..

Category: 0 komentar

My Fiends

  • Natsumi Hayashi : The Flying Girl - You’ve probably never heard of *Natsumi Hayashi*. You’ve also probably never seen photos quite like the ones she enjoys taking. You see, one day, Natsumi...
    3 tahun yang lalu
  • LayAr SenTuh TeRuS TumBuh... - TEKNOLOGI layar sentuh menjadi sistem input yang semakin dominan dalam industri elektronik konsumsi. Firma riset Display- Search Ltd mencermati, vo...
    4 tahun yang lalu
  • Doa - DOA adalah sebuah pengharapan kepada Sang Pencipta yaitu ALLAH SWT.. Sekelumit kata-kata pengaharapan, impian, cita-cita, kebaikan, kebahagiaan, kesuksesan ...
    4 tahun yang lalu
  • For You... - I never would have thought you to be present in my life .. you always give in every color of my days .. and always makes me smile to see the beauty of this w...
    4 tahun yang lalu
  • Soal Aktive passive, adjective clause and conditional - soal conditional sentences : Multiple Choices 1. I cannot finish this work unless you … me a. helped b. don’t help c. help d. didn’t help 2. If you try...
    4 tahun yang lalu
  • soal - soal materi bahasa inggris - *soal conditional sentences :* 1) If Oliver *(to find)* money, he *(not/to keep)* it.2) If they *(not/to wear)* pullovers in the mountains, it *(to be)* too...
    4 tahun yang lalu

Hello

WelCOmE My ZonE...! ^_^
Loading...